Agar ASI Mancur Deras Bagai Air Terjun, Pakai Booster Apa?


Dua kali saya hamil dan melahirkan, ini kali kedua pula bagi saya jadi ibu yang menghasilkan ASI. Karena saya bekerja, ASI pun diperah untuk stok. Setelah dua kali menjalani jadi ibu menyusui, prosesnya sungguh indah. 
Produksi ASI saat saya menyusui anak kedua lebih stabil dan bagi saya, mancur bagai air terjun. Sekali memompa ASI, saya bisa dapat 200 ml hingga 300 ml.
Ini waktu pumping di RM Padang. Karena nggak punya apron, akhirnya pakai mukena.


Dulu waktu anak pertama boro-boro bisa dapat tiga botol ASI sekali pompa. Dapet 50 ml aja udah syukur banget. Paling mentok 80 ml. Itu rasanya udah banyak banget. Padahal, dulu saya borong semua booster ASI. Dari yang bentuknya teh, susu kedelai bubuk, susu kedelai bikin sendiri, sampai beli pompa elektrik dengan harapan makin mahal pompa, makin banyak produksinya.

(Baca: Berapa Isi dan Kapasitas ASI di Dalam Payudara?)

Tapi apa yang terjadi?

ASI saya pertama kali diperah cuma basahin pantat botol. Lama-lama jadi 10 ml, terus mentok di 80 ml. Padahal saya disiplin tiap 2 jam selalu pompa. Bahkan saat malam pun saya juga pompa terus. Teteeeep aja seret di 80 ml. Pernah dapat 100 ml, sekali doang. Habis itu nggak pernah lagi. Saya akhirnya makin stres liat hasil pompaan yang tak kunjung meningkat.

Saya tinggalkan pompa ASI dan menyusui langsung. Mending bolak balik ke rumah tiap dua jam, daripada saya stres mompa susu, nggak nyaman, nggak pede. Lahh, anakku umur 10 bulan, saya malah hamil lagi! Hehehe. Tapi saya tetap menyusui saat hamil kedua.


Setelah melahirkan anak kedua, saya tadinya sempat pesimis. Takutnya kayak dulu lagi kan, mompa Cuma dapet seuprit. Hati ini rasanya sakit hiks. Mana spare part pompanya banyak printilan ini itu, harus steril botol. Huhuhu. Begitu saya pumping beberapa hari, hasilnya terus meningkat. Awal Cuma dapet 10 ml, lama-lama tambah banyak!

Saya pakai booster apa kok ASInya bisa banyak?

Nggak pakai booster ASI sama sekali. Hehehe. Saya hanya banyak minum air putih hangat, makan sayuran hijau, dan berbahagia. Kalau masih belum manjur, ini kasih saya tips biar ASInya luber melimpah ruah kayak air terjun, cesssssss.

1.       Nyaman
ASI akan keluar dengan mudah ketika kita rileks dan nyaman. Jadi kalo lagi pumping alias mompa ASI, nggak usah tegang sambil melototin botolnya. Nanti malah enggak keluar-keluar. Saya biasanya pumping sambil baca komik, fesbukan, apa nonton film lucu. Nanti nggak kerasa, tau-tau udah penuh!

Well, awal pumping itu memang biasanya hasilnya dikit dulu hasilnya, bertahap mulai tambah. Hindari pikiran bahwa hasil perah=isi payudara. Beda! Isi ASI di payudara malah bisa jadi lebih banyak daripada hasil perah.

Pastikan juga, pompa yang dipakai nyaman digunakan. Kalau sakit mending ganti. Kalau mau yang lebih hemat, bisa sewa pompa dulu buat coba-coba. Mau elektrik, mau manual, atau perah pakai tangan, yang penting nyaman.
hasil sekali pumping. Dulu boro-boro dapet segini. Bisa setengah botol aja udah alhamdulillah.


2.       Disiplin
Usahakan pumping di jam yang sama. Kalau biasa pumping jam 11 siang, ya besoknya pumping lagi jam segitu. Jangan nunggu payudara mrengkel dan mengeras, nanti malah sakit waktu dipompa. Maksimal banget per tiga jam sekali pumping.  
Awalnya mungkin gak deres, tapi telatenin aja sampai seminggu dan konsisten.

3.       Pijat
Oh iya, bagus lagi kalau sebelum pumping dikompres air hangat, terus pijat dengan dua jari di sekitar payudara, searah jarum jam. Setelah pijat, pumping. Nanti setelah pumping  10 menit, pijat lagi lima menitan. Habis itu, pompa lagi. Saya pernah praktekin trik ini, ASI bisa nambah sampai 50 persen dari hasil pompa hari-hari biasa.

4.       Power Pumping
Udah nyoba tips diatas, hasilnya melimpah tapi kok surut lagi? Mungkin butuh treatment power pumping. Caranya pompa payudara kanan 10 menit, pindah ke kiri 10 menit, pindah lagi ke kanan 10 menit, ke kiri 10 menit. Istirahat 15 menit, pompa lagi kayak tadi. Ada beberapa cara sih. Tapi intinya power pumping ini dilakukan terus menerus supaya payudara terus produksi ASI. Ingat, ASI ini diproduksi sesuai permintaan. Kalo permintaannya naik, produksinya pasti naik.

5.       Tandem Nursing
Coba pompa ASI sambil menyusui. Kanan disusui, kiri dipompa. Agak ribet sih. Tapi lumayan lebih banyak dari biasanya. Misal kalo nggak pingin ribet, beli silikon tempel aja. Jadi tinggal tempel nanti ASInya ngucur sendiri.

6.       Berbahagia
Ini memang kadang susah dipraktekin sih. Tapi intinya, nikmati setiap proses menyusui dengan ikhlas. saya pernah, merasa ASInya sedikit, akhirnya seret betulan. Saya menyalahkan diri saya dan makin stres liat berat badan anak tak kunjung naik. Akhirnya saya pun berpikir, kalau saya stres terus kuantitas dan kualitas ASI pasti juga berkurang. Akhirnya dibawa happy saja, meski sulit dan semua butuh proses yang tidak sebentar. Suami memiliki peranan besar dalam hal ini. Sebenarnya dengan beliin makanan macam martabak apa nasi padang gitu, cukup bikin bahagia sih. Bahagianya emak-emak itu, sungguh simpel. Ajak belanja di mal, beliin tas baru, apa bantuin ngasuh bayi jadi bisa mandi dan keramas dengan tenang. Ah nikmatnya...

(Baca Juga: Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan)

7.       Berdamai dengan Keadaan
Sudah melakukan segala upaya, tapi masih merasa kurang juga, hiks. Mari berdamai dengan keadaan! Jangan memaksakan diri daripada bikin stres sendiri. Kalau pumping dapetnya baru segitu...yowes ben.. udah ini itu masih begini, yowes ben.. hempaskan sajaaaah.


Demikian tips ala-ala saya. Semoga bermanfaat, tetap semangat ASI!

Komentar

  1. Makasih mba, aku ngalamin ini huhu
    Jadi semangat lgi buat pumping . Syukron jazilaann

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?