Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?




Bisa bangeet. Itu cita-cita saya di persalinan kedua, (amiiin..)

Bicara soal melahirkan, pasti yang ada cerita cerita serem, darah, sakit, mules ber jam jam teriakan dramatis. Di luar semua itu, melahirkan itu enak. Enak, nikmat, mantap. Bahkan kalo dikasih rejeki anak lagi, rasanya saya pingin lahiran lagi! Hehehe dasar emak maruk, anak baru lima bulan udah mau nambah.

Hamil tua dan nungguin bude lahiran di RS Margono. Berhubung pembukaan bude enggak nambah cukup lama, akhirnya persalinan secara caesar. Saya ikut bantu ngurus dokumen BPJS blablabla mondar mandir sampai dicegat perawat "Lhoo mbaknya mau lahiran kan? kok malah mondar mandir terus!" Hahaha..


Sebelum saya hamil, saya sudah membaca berbagai artikel tentang gentle birth, sampai orgasmic birth. Iya, itu loh orgasme saat melahirkan. Saya membayangkan betapa nikmatnya lahiran bisa orgasme, dan ternyata hal itu tidak terjadi pada saya. Hahaha. Tapi jangan salah, ada banyak kok ibu melahirkan yang mengalami orgasme betulan, entah saat pembukaan atau ketika pembukaan lengkap.

Kok bisa sih? Kembali lagi ke kondisi masing-masing si ibu. Karena tidak semua ibu melahirkan bisa memiliki keistimewaan itu. Terutama, jika pas hamil udah diceritain yang serem serem. Kayak saya, pas hamil dan liputan kemana-mana kalo ketemu orang pasti pada cerita macam begini :

1. Dulu aku ya, darah dulu yang keluar mbak, daraaah mulu sampe lemes enggak bisa jalan. Sakitnyaa minta ampun. Makanya banyak minum minyak biar lancar jalan lahirnya licin.

2. Ih ya ampuun siap siap besok suaminya mbaknya dicakar-cakar. Dulu suamiku tak pukulin sama aku gigitin lho saking gak kuat nahan sakitnya.

3. Besok kalo lahiran pasti ngerasain sendiri lah sakitnya, kita kan taruhannya nyawa mbak.

Dan masiiiih banyak hal-hal mengerikan seputar kelahiran yang males saya ceritain di sini. Saya kan pinginnya cerita yang romantis. Hehehe.

Saya menghargai setiap perjuangan ibu yang melahirkan. Namun, saya lebih suka menceritakan betapa menyenangkan, membahagiakan, dan betapa nikmatnya melahirkan. Saya sendiri meyakini, bahwa Allah sudah menciptakan tubuh seorang perempuan untuk siap melahirkan. Sudah dirancang dengan super canggih. Kalau ternyata saya mati, sudah dijamin masuk surga.

Mungkin Anda berpikir saya seorang emak gila yang semangat banget lahiran, hahaha. Tapi kenyataannya memang begitu kok.

Mari buka kembali pikiran kita tentang melahirkan. Bahwa melahirkan itu sakit, ya sudah pasti. Tapi sebenarnya, sakitnya itu dimana sih?
Rasanya kontraksi itu seperti mules kalo kebelet pup tapi kitanya sembelit banget. Jadi mules tapi enggak keluar-keluar gitu loh.

Seni dalam melahirkan, adalah menerjemahkan kontraksi sebagai gelombang cinta. Iya gelombang cinta yang akan mengantarkan kita ketemu dengan si buah cinta, si dedek bayi, yang sedang di perut. Ahaaai^^

Sayangnya, pas hamil kemarin saya kurang total latihan pernafasan dan kurang menikmati kontraksi. Saya masih bisa menikmati kontraksi sampai pembukaan ke tujuh. Pembukaan ke delapan udah mukulin tembok. Hahaha.
Ini kronologi kejadian saya saat mau melahirkan.

1. Hari Perkiraan Lahir (HPL)
Perut mulai mules mules, tapi belum teratur. Jalan-jalan ke salon deh keramas sambil totok wajah, biar nanti pas melahirkan tetep cantik unyu-unyu. Hihihi. Ini beneran, sampe karyawan salonnya ketakutan. Takut saya tiba-tiba mbrojol gitu lahiran. "Mbaak nanti kalo lahiran di sini gimana??"
"Panggil taksi apa becak, kan banyak," jawab saya. Mbak yang ngeramasin saya makin ngeri. Akhirnya takut mau totok wajah saya, dilimpahkan langsung ke yang punya salon. Karyawannya enggak berani, horor katanya. Padahal saya udah cantik banget pake gamis pink sama kerudung bunga-bunga.

2. HPL+1 hari
Mulesnya makin kerasa, ada lendir darah yang keluar. Kalo kata mbah google sih itu artinya persalinan sudah dekat. Meluncurlah saya ke rumah sakit, pas di cek kata bidan jalan lahirnya masih belum ada pembukaan. Bidannya kaget begitu tahu saya udah lewat hpl. "Wah, kalau besok belum lahir harus diinduksi bu." Saya langsung kabur. Takut diinduksi. Induksinya yang alami ajalah, diinduksi sama Bapaknya Maryam, hehehe.

3. HPL+2 hari
Masih bisa bobok cantik, tapi kebangun pipis-pipis terus. Tiap pipis pasti ada lendir darah lagi, tapi kemudian lendir darahnya makin banyak. Rasanya masih biasa aja. Masih bisa baca-baca email di milis. Tapi feeling saya kok sepertinya hari ini ya. Akhirnya jam 10 pagi saya ke puskesmas naik becak, sendirian. Capek bangunin suami, gak bangun-bangun soalnya dia deg-deg an begadang terus, takut ketiduran pas saya mau lahiran. Eh, malah ketiduran beneran. Hihihi.
Pas naik becak saya cuma bawa dompet sambil pakai daster.

Tukang becak     : Mau lahiran mbak?
Saya                  :Ho oh Pak
Tukang becak     : dimana mbak?
Saya                  :Puskesmas aja, itu yang deket PMI Pak
Tukang becak     : Ngebut nggak mbak?
Saya                  : Enggak usaaah, masih nyantai ini pak hihihi.

Pas dicek lagi, saya udah pembukaan satu. Mules sih, kayak mau pup itu. Tapi jaraknya masih sekitar 10 menit sekali. Biar pembukaan cepet saya jalan mondar-mandir di dalam puskesmas. Alhamdulillah hari itu hari Minggu. Jadi puskesmasnya sepi, tapi masih menerima persalinan.

Saya bbm kawan-kawan kantor, minta doa biar diberi kelancaran. Terus Pimpinan redaksi saya, Mas Yon bilang : Nanti kalo udah kerasa mau lahir, inget pas bikin dulu gimana, jadi enak. Inget-inget itu biar enggak sakit. (Udah dipraktekin lho, tapi gagal. Tetep aja mules hahahaha)

Pembukaan kelima saya masih jalan-jalan sembari goyang-goyangin pantat kaya orang dansa. Nanti kalo gelombang cintanya datang saya senderan sambil latihan nafas.

Selepas maghrib saya mulai capek, mulai tiduran dan ternyata udah pembukaan tujuh. Lendir darah makin banyak. Yeaay sebentar lagi! Ternyata enggak hehehe, pembukaan lengkapnya baru jam 23.00 WIB. Waktu bukaan tujuh itu pinggang saya pegel banget. Adik ipar datang gantiin suami mijit pinggang. Pas suami mijit pinggang lagi, saya marah marah.

"Kurang kerasss!!!"
"Iyaa."
"Enggak kerasa!"
"Ini udah keras banget kaya nonjokin orang!"

Hehehe, tapi tetep aja itu pinggang bengkek banget.

Sejak pembukaan delapan saya mulai kehilangan fokus. Tapi, suami saya malah makin romantis. Setelah mijitin pinggang, tangan saya digenggam, kepala saya dibelai-belai. Sesekali ia mencium kening saya yang berkeringat. Kalau saya ngeden-ngeden enggak kontrol ia tersenyum dan bilang "Ngedennya nanti, sabar dulu.. Ayo tarik nafas," katanya.

Terus saya ngikutin dia huuuhh haaahh huuuuhhh haaahh.

Habis itu saya ngeden lagi. Lendir darahnya keluar lagi. Suami saya membelai kepala saya dan mencium pipi saya, lalu berbisik " I love you"

Saya pingin marah, iiih lagi kaya gini malah sok romantis! Tapi langsung luluh lihat senyumnya. Ihiiiiiir...

"Ayo tarik nafas lagi."

"Huuuhhh haaahh huuuuhhh haaahh."

Bu bidan tau-tau muncul terus komentar "Lhaaa mbok gitu, jangan ngeden dulu bu, nanti tenaganya habis pas pembukaan lengkap enggak bisa ngeden repot lho. Bagus pak, lanjutkan."

Batin saya, ini bidan muncul darimana sih. Hiiiiii ganggu aja. Sana lah hus hus.

Saya rasanya nggak sabar, begitu pula si kecil di perut. Dia kayaknya juga nggak sabar. Saya ngeden lagi, enggak terkontrol. Sempat muntah juga, mungkin asam lambungnya naik apa gimana ya. Akhirnya enggak makan, tapi ngemil kurma dan minum pocari sweat. Kalo ga salah habis tiga liter itu pocari. Hehehe.

Pas udah hampir lengkap rasanya udah pingin pup beneran. Suami saya masih memegang tangan saya, lalu nanya "Anaknya mau dikasih nama siapa?"

Tidak ada lagi kata lain di pikiran saya selain "Maryam. Maryam terserah maryam siapa kamu mau nambahin pokoknya maryam."
Akhirnya, jam 23.00 WIB pembukaan sudah lengkap! Saya boleh ngeden sepuasnya, tapi ternyata tenaganya udah terkuras. Saya mulai lemes, ngantuuk...

"Bu, jangan merem, jangan tidur!" Bidan muda mengingatkan saya. "Ayo ngeden lagi!"

Tapi entah kenapa, saya enggak fokus ngedennya. Kurang aqua kali ya? Hehehe. Saya udah nyoba berbagai posisi jongkok, miring kiri, tetep bayi saya enggak keluar.

Bidan yang paling tua datang dan berkomentar "Payah banget sih, ngeden aja gak bisa. Kalo di rumah sakit udah di vacuum ini."
Saya tersinggung. Dan sepanjang usaha saya ngeden, selalu dicela sama bu-bidan-tua-bawel itu. Dan entah kenapa, energi saya makin menurun. Apalagi pas bidan bidan muda (ada sekitar lima orang bidan muda) gelisah sambil melirik ponsel. Rupanya mereka juga enggak nyaman dengan bu bidan tua bawel hehe.

Setelah satu jam tanpa perubahan, saya diancam sama bidan tua bawel itu. "Ini sudah satu jam, kalo satu jam lagi bayi belum keluar juga Anda harus dirujuk ke rumah sakit. Nanti di sana di vacum."

30 menit berlalu dan muncul bidan lain yang telah ditunggu-tunggu para bidan muda. Orangnya lebih ramah, lebih energik. "Halo mbak, gimana? Belum keluar ya dedeknya. Waktu kita 30 menit lagi, tapi enggakpapa. Bareng saya coba ya." Dia tersenyum. Saya dibimbing sama bu bidan baik itu.

Saya ngeden lagi, belum berhasil.

"Pinter. Nggakpapa. Yuk, coba lagi. Saya dorong dari belakang ya." Bu Bidan baik itu di belakang saya.

Saya ngeden lagi. Lalu Bu bidan tua bawel itu nyerocos membuat saya makin tidak nyaman. "Ah, mbak ini enggak bisa ngeden. Payah daritadi salah terus ngedennya. Udah di gunting aja tuh biar enggak lama."

Bu Bidan baik menggeleng. "Maaf di sini tidak boleh gunting, tidak boleh induksi Bu."

Saya mulai enggak sabar terus marah ke bu bidan bawel. "Bu, jangan cerewet lah. Ibu enggak usah ikut-ikut lagi. Saya mau lahiran sama bu bidan yang baik ini aja, enggak sama Anda. Ibu minggir sana deh. Hus hus."

Untungnya, bu bidan tua dan bawel itu agak berkurang pendengarannya (baca : budeg). Hehehe. Jadi pas saya ngomong begitu, dia enggak denger. Saya akhirnya pura-pura budeg aja pas dia ngomel.

Setelah ngeden dan mendorong telapak kaki ke pinggang para bidan muda (Saya posisi tidur dan kaki super ngangkang), kepala Maryam nongol. Suami saya tersenyum penuh cinta. "Ayo, sedikit lagi, dorong lagi." Dia seperti cheerleader di ujung tempat tidur. Saya makin semangat.

Saya tarik nafas dan egghhhh...!

Maryam keluar.

Kulitnya putih bersih, dia cantik sekali. Tidak ada kata yang bisa saya ungkapkan untuk menggambarkan perasaan saya saat itu. Tangisnya pecah, dan itu adalah musik paling indah yang pernah saya dengar. Maryam langsung diletakkan di dada saya. Dia menjilati dada saya. Saya mendengar desah nafasnya yang lembut. Ia tidak lagi menangis, sesekali berkedip pelan. Seluruh tubuhnya menempel di dada saya. Terasa begitu hangat. Begitu nyata... Momen ini adalah yang paling menakjubkan dalam hidup saya.

Hingga detik ini, saya masih suka berandai-andai. Andai saat kontraksi datang saya bukannya merintih dan marah minta dipijitin, tapi tersenyum dan menikmatinya.
Andai sebelum pembukaan lengkap saya tidak ngeden duluan.
Andai tidak ada bidan tua bawel itu.
Andai saya bisa mengulanginya kembali, mungkin saya bisa orgasme saat melahirkan.

Dan andai semakin banyak orang bercerita tentang betapa indahnya melahirkan.......




NB : Judulnya bikin penasaran, ternyata isinya emak emak cerita lahiran hihihihihi. Yuk bingkai kenangan indah persalinan kita buk :)
Salam sayang dari Mama Maryam^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan