Susu Tempe dan Puding Tempe, Dih Emang Enak?





Sebagai fans berat tempe, susu tempe dan puding tempe itu uenaaaak banget. Ide awal saya membuat susu tempe berasal dari rengekan Maryam (1,5 tahun), anak saya, yang pingin minum susu (Karena saya hamil enam bulan, ASI mulai seret). Saya mulai memikirkan susu alternatif pengganti ASI. Selain UHT plain, pilihan saya akhirnya jatuh pada susu tempe.

Kala itu, ceritanya lagi tanggal super tua dan nggak megang uang sepeserpun hehehe. Bahkan udah bergerilya mencari receh-receh yang biasanya nyelip di pinggiran kasur dan kolong meja. Tapi nggak ada. Waktu nggak nemu recehan itu, saya akhirnya bawa koran bekas ke tukang sayur. Sama tukang sayur, koran bekasnya dituker deh dengan sepotong tempe dan paket sop-sopan. Yeaaaay!

Lalu tiba-tiba saya jadi ingat cerita bulik saya soal susu tempe. Dan cringgg, jempol saya pun langsung googling soal susu tempe. Ternyata, manfaatnya luar biasa.

Susu tempe mengandung vitamin B12. Jadi kalau lagi nggak punya uang buat beli daging tapi nutrisi B12 terpenuhi, minum saja susu tempe. Susu tempe juga mudah dicerna tubuh. Di dalam tempe, terkandung senyawa antioksidan berupa iso flavon. Sehingga, mengkonsumsi tempe dapat mencegah kelainan morfologi sel darah merah akibat penyakit anemia. Mantap kan?

Susu tempe dan puding tempe yang berhasil saya bikin hehehe. Itu tempe sisanya bisa digoreng buat lauk besok :)))


Selain itu, tempe juga bisa memperlambat menopause dan menurunkan kadar kolesterol, kaya akan kalsium pula!. Dr dr Tan Shot Yen bahkan mengatakan, susu tempe adalah pengganti terbaik ASI ketimbang susu formula. Susu tempe yang mengandung prebiotik ini juga sangat baik untuk mengganti cairan tubuh pada orang yang terkena diare. 

Melihat manfaatnya yang luar biasa, saya pun makin mantap untuk membuat susu tempe. Sempat telepon Bulik Yun juga nanya pembuatan susu tempenya seperti apa. Soalnya awal-awal saya bikin itu kebanyakan air, pernah juga bikin malah pecah susunya (seperti ada sisa blenderan tempe, tapi tetep enak sih). 

Kalau saya cara bikinnya begini :

1.       Tempe 250 gram (atau sekitar sepotong panjang kalau di tukang sayur) dipotong kecil-kecil seukuran dadu, lalu direbus lima menit untuk mematikan jamurnya.
2.       Setelah direbus, tiriskan lalu blender dengan air segelas.
3.       Saring dengan saringan (kalau saya pakai kaos nyaringnya). Kalau terlalu kental, boleh ditambahkan air lagi.
4.       Rebus susu tempe hingga mendidih. Kalau ingin manis, tambahkan gula sesuai selera. Enggak pakai gula pun sebenarnya enak juga sih. Tambahkan perasa cokelat atau moka juga boleeeh. Tapi kalau saya cuma pakai gula aja dikit hehehe.
5.       Susu tempe siap dinikmati! Bisa disimpan juga, tahan sehari aja tapi di kulkas. Kalau saya sekali bikin langsung habis.

Setelah bikin susu tempe, lihat ampas tempe kok sayang banget kayaknya mau dibuang . Saya cicipi ampasnya, Hmmm enak. Lagian ampas tempe ini kan udah direbus, jadi sama saja kayak tempe matang. Enaknya diapain yaa? Akhirnya saya bikin puding aja. Hehehe. 

Cara pembuatan puding tempe juga sama seperti bikin puding biasa. Pakai agar-agar atau jelly yang plain, tambahkan gula sesuai selera, lalu masukkan ampas tempe ketika airnya sudah mendidih dan siap didinginkan.

Alhamdulillah, anak saya doyan banget susu maupun puding tempe. Hehehe. Biar nggak mainstream sekali-kali, masa tempe digoreng , tumis, sama bacem melulu.


NB : Di rumah saya tukang sayur butuh koran bekas untuk membungkus bawang merah/bawang putih dan cabai yang dijual ecer dua ribu apa tiga ribuan gitu. Kadang juga buat bungkus sayuran. Jadi enak banget bisa barter koran sama sayuran (tanpa korannya dikilo). Saya kasih koran, lalu penjual kasih barteran sesuai kebutuhan, kelar perkara. Hehehe.

Deket rumah saya juga ada ibu-ibu jualan sate dan kadang butuh koran bekas. Orangnya pernah bilang juga, kalau mau barter koran bekas sama sate ayam. Nanti korannya di kilo dulu. Manteeeeppp, seandainya makin banyak penjual yang bisa diajak barteran..... Mamak-mamak macam saya ini pasti bahagia^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?