Lagi Hamil Istri Baper Banget, Para Suami Coba Tips Ini!





“Waktu istri saya hamil, semuanya berubah 180 derajat mbak.”
“Lho kenapa pak kalau boleh tahu?”
“Dia itu bawaannya benciii banget sama saya. Pokoknya saya salah terus deh. Saya pulang ke rumah, dia marah katanya saya bau. Saya terus mandi kan. Habis mandi gak boleh deket-deket, katanya bau saya terlalu wangi bikin eneg. Tapi setelah anak saya lahir, semua kembali seperti semula lho. Kejadian nyata ini, betulan mbak.”


Itu tadi obrolan saya dengan seorang Bapak yang beberapa bulan lalu istrinya melahirkan. Waktu itu saya hamil dan liputan kemana-mana (dulu saat hamil pertama sampai usia kehamilan 9 bulan saya masih keliling cari berita). Kalau narasumber yang lagi diwawancarai tahu saya hamil, pasti deh curhat macem-macem. Kalau ibu-ibu cerita soal lahiran, kalau bapak-bapak ya gitu curhat soal betapa bapernya istri sambil mesam mesem hahaha.



Saya (kanan) dan teman satu kantor Mbak Yanti (kiri). Kita hamilnya bareng loh, lairannya juga selisih seminggu, hehehe. Itu pas hamil anak pertama saya dulu (2015) sekarang udah hamidun lagiiii hahahaa



Pernah mengalami situasi serba salah seperti bapak tadi? Bahkan tidak hanya baper plus emosional, kadang ibu hamil juga sensi tingkat kabupaten, gampang banget nangis hanya karena masalah sepele. Wahai para pak suami, sejujurnya kami juga nggak nyaman lho dengan kondisi suasana hati yang mudah berubah. Mendadak moody, baper, cengeng, tiba-tiba pingin makan sesuatu yang lain. Karena itu, saya ingin berbagi tips buat para bapak-bapak, hehehe *kode*

1.       Sabar

Iya Pak, beneran, sabar itu kelihatannya sepele banget tapi susah prakteknya. Kalau istri jadi gampang tersinggung, mudah ngambek dan nangis hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah bersabar. Sabar dan tenangkan hati. Ingat, istrimu yang lagi cemberut dan matanya sembab itu sedang mengandung anakmu, sang buah hati. Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuhnya itu memberikan banyak pengaruh dalam kestabilan emosinya. Nggak nyaman lho moody itu. Coba tarik nafas dan bayangkan dalam beberapa bulan ke depan, Anda sudah menjadi seorang bapak...dan menimang bayi nan imuuut^^ Sabar ya pak ya.

2.       Beri Sentuhan Mesra

Jangan pelit kasih pelukan atau sekadar kecupan di kening istri. Kalau lagi nangis, jangan nanya “Kamu kenapa? Kok nangis? Kamu pingin apa sih?” apalagi komentar “Kok nangis lagi sih, jangan nangis dong nanti jelek loh.” Plis deh, ketimbang komentar begitu, langsung peluk istri dan kecup keningnya. Elus rambutnya pelan-pelan. Tenangkan dia. Kalau tangisnya sudah mereda, tawarkan segelas teh hangat atau es krim hehehe. Nanti kalau suasana hatinya sudah membaik, baru tanya. Tapi nanyanya pelan dan hati hati ya Pak. Nggak semua ibu-ibu bisa langsung terbuka. Jadi kalau sekiranya belum mau cerita, jangan dipaksa. Kalau Bapak masih tetep kepo, coba cek media sosialnya. Biasanya ada yang curhat di medsos atau share link-link artikel yang menggambarkan perasaannya.

3.       Ajak Refreshing

Orang hamil itu bukan berati harus duduk diem di rumah terus enggak boleh ngapa-ngapain. Sesekali, bolehlah ajak istri refreshing. Enggak usah jauh-jauh, jalan-jalan ke taman dekat rumah, atau pergi ke toko buku (kalau istri suka baca buku), nonton film di bioskop atau berduaan nonton bareng di rumah. (Jangan lupa, sediakan cemilan yang banyak. Penting ini lho. Hehehe)

4.       Beri Waktu Me Time

Pernah makan sampai kenyaaang banget dan perut begah karena udah ga muat lagi? Nah, kira-kira gitu rasanya nggembol bayi selama 9 bulan. Itu belum ditambah dengan sensasi nyeri pinggang kayak kena encok. Jadi, beri ibu hamil untuk me time. Sekarang ini kan banyak spa ibu hamil yang punya banyak treatment khusus. Kalau udah kelihatan bete, coba tawarkan istri buat me time ke spa ibu hamil. Atau berikan dia waktu luang untuk melakukan hobinya (yang tentunya aman buat ibu hamil lho ya).

5.       Bicara dari Hati ke Hati

Kalau bapak-bapak LDR sama istri, sering bicaralah dari hati ke hati. Tenangkan istri Anda. Sesekali kirim paket buat istri juga boleeeeh banget. Meski LDR sering-sering komunikasi dan beri pujian. Ada lho yang waktu hamil jadi nggak pede karena rasanya jelek banget. Perut gendut, jerawat di mana-mana, berminyak, belum bekas strecthmark itu lho, duh pokoknya nggak oke banget. Nah, para suami, jangan pelit ya kasih pujian buat istri. Beri juga istri pengertian, bahwa mood swing alias fase baper saat hamil memang harus dilalui, tapi kalau baper terus kasihan dedeknya lhoo, nanti ikut baper^^

6.       Temani ke Dokter

Selain nemenin ke dokter, ikut yoga bareng istri saat dia hamil juga bagus banget lho buat bonding. Jangan malas membaca artikel seputar kehamilan dan pengetahuan soal ASI untuk mendukungnya kelak.

7.       Belikan Makanan Favorit

Kalau makanan favoritnya bikin sehat, kenapa tidak? Kalau sekiranya istri mengidam dan ingin makan sesuatu, belikan saja. Kalau ternyata sikon tak memungkinkan untuk beli, berikan pengertian. Jangan langsung ditolak mentah-mentah begitu saja ya, apalagi malah makan makanan favoritnya diem-diem gak bilang-bilang

Sepertinya sementara itu dulu sih hehehe. Sesuai pengalaman yang saya pernah alami saja. Dulu pernah soalnya pengen main drum sampai nangis-nangis minta dianter ke studio musik (karena di rumah nggak punya drum) hehehe.
Kalau ada tips lagi, saya update! Salam ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?