Ngidam Apa Laper Emosi?




Ah, siapa bilang hamil kedua segalanya lebih mudah? Justru di hamil kedua ini saya agak susah makan. Mendadak jadi picky eater banget. Bahkan dalam empat bulan pertama, saya enggak pernah masak. Boro-boro, bau masakan aja langsung pusing mau pingsan dan muntah. Alamak..
Plus, saya juga susah makan di rumah. Baru dua sendok udah hoeekkk. Makan lagi, hoeekk. Pokoknya drama muntah-makan selalu terjadi. Biasanya bau bakso langsung ngiler, ini hoeekk. Maunya makan nasi padang, atau makan apapun asal enggak di rumah. Untunglah, ada nasi padang yang gratis buat ibu hamil hehehe.

Tapi begitu saya punya satu keinginan, rasanya kepengin makan ituuuu terus. Semisal, sayur leunca+oncom+kemangi. Mendadak pingin, lalu saya bisa seharian makan itu. Habis itu, ya emoh. Atau mendadak pingin makan kiwi. Pernah juga tiba-tiba pingin kupat tahu dengan tauge yang berlimpah, lalu soto. Lalu ketika saya susah makan sayur, mendadak saya pingin banget lalap sayur rebus pakai sambal lutis. Seharian bisa makan itu dengan lauk tempe.

Pernah juga, saya pingin banget makan telor dadar (baca :omelette) di Hotel Santika Purwokerto. Maksa banget yak, wkwkwk. Saya mengabaikan perasaan ingin ke hotel Cuma mau makan telor dadar, jadi bikin sendiri aja di rumah. Tapi kok malah makin pingin. Akhirnya saya turuti aja. Sekalian silaturahmi (modus) ke Hotel Santika Purwokerto. Lagian, lama banget saya nggak liputan kuliner sejak ditempatkan di kantor. Alhamdulillah, kesampaian, sempat ditemenin makan pula sama Mbak Vika, GM Secretary & Public Relationnya Hotel Santika Purwokerto. Katanya sambil ketawa “Kalau dulu pas anak pertama bayi monster burger, yang ini bayi omelette yaaa hihihi...”

Ini omelette di Hotel Santika Purwokerto. Karena lagi pingin, ya enak. Nambah dua kali pula. Hehehe, maruk. Tiap sarapan selalu ada lho di egg stationnya. Makasih yaa Mba Vika :* : * :*


Setelah kesampaian, saya nggak pingin lagi tuh. Cukup sekali, lalu sudah. Sisanya ya makan telor dadar di rumah. Malah kemarin sempet iseng bikin telor dadar diisi nasi hahaha.

Ini ngidam? Apa laper emosi?

Entah. Hehehe, nggak tahu juga saya. Tapi pernah saya baca di sebuah artikel, kalau ngidam itu ya laper emosi. Laper emosi itu kondisi ketika tiba-tiba kita menginginkan sebuah makanan tanpa alasan yang jelas (lalu setelah itu makan secara berlebihan).

Menurut saya, yang saya alami adalah alarm tubuh akan kebutuhan nutrisi tertentu (pembenaran, wkwkwk). Misal waktu saya mendadak pingin banget kupat tahu dengan tauge yang berlimpah, mungkin tubuh saya memang membutuhkan nutrisi dalam tauge. Atau ketika saya tiba-tiba pingin banget makan sayur rebus dengan sambel lutis, bisa jadi tubuh saya ‘sakaw’ sama sayur, karena saya memang susaaaah banget makan sayur di kehamilan kedua ini. Nah mungkin saya juga butuh asupan protein yang tinggi, makanya suka banget sama telor dadar.... (meski telor dadarnya di egg stationnya Hotel Santika Purwokerto).

Selain selektif dalam hal makanan, saya juga lumayan sensitif. Tetep sih, gampang nangis kalau tersinggung, meski dongkolnya nggak sampai berhari-hari kaya pas hamil pertama. Pas hamil anak pertama saya bisa dongkol sampai tiga hari. Ini sehari aja, bahkan reda tanpa didampingi suami (karena masih berada di luar kota).

Jadi pernah saya tersinggung sama temen kerja. Alamak, cuma sepele banget masalahnya. Tapi rasanyaaaaa seperti diserang negara api. Sambil nangis-nangis saya pun pergi ke indomart beli sepotong cokelat kecil, terus ke pinggir sawah. Sambil sesenggukan, makan cokelat dan nonton sunset sendirian. Enggak ding, enggak sendirian, saya bareng anak kedua saya yang masih di perut, hehehe.

Foto diambil waktu lagi makan cokelat di pinggir sawah sambil lihat sunset. Naik motor sendirian, ngetem di pinggir jalan. Tapi setelah itu langsung sembuh dongkolnya, happy lagi hehehe.


Saya elus-elus perut saya sambil bilang. “Dek, lihat, sunsetnya bagus banget ya? Masya Allah.. indahnya.. Sudah ya nangisnya, nanti capek lho kalo sebelnya nggak ilang-ilang..”
Setelah itu, kelar deh rasa dongkol saya hehehehehe. Well sepertinya kehamilan kedua ini saya sudah lebih berpengalaman dalam mengkondisikan emosi. Agak bapernya masih sih, cuma nggak berlarut-larut. Saya bisa mengatasi sendiri, meski sedang LDR sama suami. Semoga kelak kau jadi anak yang tangguh dan mandiri nak :*


NB:
Sampai saat ini, di usia kehamilan ke lima bulan menuju enam, Alhamdulillah saya dan anak pertama, juga janin yang berada di perut saya sehat. Semoga sehat selalu sampai persalinan tiba..... Amin...
Btw, yang ngidam non-makanan dan belum kesampaian adalah renang dan main harpa. Megang harpa aja deh. Mohon kalau ada yang punya harpa, infonya ya. Pingin megang bentaaaar aja :))))


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?