Berdaya Saat Hamil, Seperti Apa?





Berdaya di sini maksudnya tetap beraktivitas, olahraga, dan memberdayakan diri. Apa saja sih kegiatan memberdayakan diri saat hamil?
Kalau menurut saya memberdayakan diri saat hamil itu, menjaga kehamilan agar tetap sehat, dan olahraga seperti senam hamil, yoga hamil. Buat apa? Penting lho, untuk menjaga stamina saat persalinan nanti. Apalagi latihan pernafasan. Pokoknya, penting banget update ilmu dan mengolah rasa saat hamil.

Saya sendiri sudah merasakan saat melahirkan anak pertama. Stamina saya drop, tenaga buat ngeden kurang, dan latihan pernafasan saya gagal. Hehehe. Dengan pengalaman itu, di kehamilan kedua ini saya nggak pingin menyia-nyiakan kesempatan untuk memberdayakan diri. 
Waktu ikut kelas kehamilan yang diadakan Puskesmas kecamatan. Acara ini bagus banget. Selain menambah pengetahuan seputar kehamilan, kami juga bebas nanya apapun dengan waktu yang lebih luang. Habis itu kami juga diajak senam hamil bareng. Seru.... hamil pertama belom pernah beginian, apa-apa sendirii


Dulu waktu hamil pertama, saya melakukan beberapa gerakan senam hamil dan yoga berbekal streaming Youtube dan sebuah buku untuk belajar pernafasan. Saya juga belajar soal pijat perineum (akhirnya malah geli sendiri dan gagal rileks waktu nyobain). Waktu itu, rasanya cukup berdaya, tapi ternyata belum hahaha. Saya terlalu sibuk dengan urusan wara-wiri dolan, liputan, makan ini makan itu. Apalagi waktu hamil pertama, saya hobiiii banget deh ke salon walaupun sekedar keramas, apa berendam mandi susu di bath up (secara ndeso...nggak punya bath up. Jadi kalo di rumah berendam pakai ember wkwkwk)

Saat berendam di bath up, saya bisa sangat rileks. Bahkan berada di titik rileks yang paling tinggi menurut saya. Seperti ngantuk, tapi ngawang, aduh gimana deh nggak bisa jelasin detil. Saat-saat seperti itu, saya gunakan untuk berkomunikasi dengan janin. Memasukkan sugesti positif berkali-kali. Alhamdulillah, waktu persalinan tiba saya cukup rileks, meski waktu bukaan ke delapan saya lepas kendali dan mukulin tembok hahaha.

Pada kehamilan kedua, saya lebih sering melibatkan anak pertama saya, Maryam untuk berkomunikasi dengan adiknya. Berkali-kali saya bilang, ini adek. Sebentar lagi mau punya dedek lho.. Pokoknya gitu terus seperti iklan di tivi. Nyatanya di usia maryam yang baru menginjak 16 bulan, dia antusias kalau lihat gambar bayi entah itu di televisi, kemasan baby oil, atau di poster-poster baby shop. Hehehe. Semoga kalian akur, saling menyayangi dan menjaga ya nak :*

Rencana program pemberdayaan diri saya kali ini adalah :

1.       Ikut kelas Yoga Hamil
Udah nemu sih tempatnya. Di Yoga Svarna Purwokerto, samping pom bensin Ovis. Udah nanya-nanya juga sebulan biayanya sekitar Rp 200 ribuan (agak lupa karena belum jadi daftar). Dan sudah mengajak para ibu hamil di kantor untuk ikutan. Mereka pun tertarik,, yeaayy! Ada temennya! (Total ibu hamil di kantor saya ada tiga orang)

2.       Berenang
Ini beneran memang saya pingin banget dan Alhamdulillah kolam renang Tirta Kembar sebelah kantor (di Jalan DR Angka Purwokerto) baru saja diresmikan. Tiket masuknya kalau weekdays hanya Rp 3000 pula!

3.       Meditasi Kehamilan
Ini bisa diikuti secara online lewat website bidankita. Iseng saya kemarin lihat-lihat webnya, ternyata ada trial gratis buat 21 hari hehehe. Meditasi kehamilan ini juga ada latihan pernafasan, bisa dipraktekkan setiap hari.
 Alhamdulillah. Maklum, bumi berkantong tipis. Ketimbang buat konsultasi online, uangnya mau saya tabung buat perawatan pasca melahirkan. Soalnya nyesel banget dulu pas lairan pertama kurang pijet, kurang perawatan, badan mbedah dan sakit gak karuan, belum stres parah berbulan-bulan. Pokoknya besok habis lairan saya mau santai-santai, dimanja-manja dan istirahat dengan maksimal!

4.       Masukkan Afirmasi
Ini belum saya praktekkan karena sering lupa dan tidak konsisten. Afirmasi ini adalah semacam harapan dan doa saat persalinan kelak. Doa, juga termasuk afirmasi. Agar bisa nempel dan melekat, afirmasi harus konsisten diulang-ulang diucapkan setiap hari.


Kayaknya baru itu. Yang jelas, saya ingin melewatkan masa kehamilan dengan kenangan bahagia, berdaya, penuh manfaat dan membuat saya siap menghadapi persalinan yang minim trauma. Semoga persalinan saya yang kedua ini lebih indah, lebih romantis, lancar jaya, tenang, nyaman, damai....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?