Soal E-Commerce Part 3

Online Shop dan Istilahnya


Bagi yang telah terbiasa dengan perdagangan online alias E-Commerce,  banyak istilah yang sering digunakan oleh para penghuni web forum, maupun antara penjual dan pembei di dunia maya. Bagi yang masih awam dengan singkatan dan istilah, mari diintip serangkaian istilah di jual-beli online:

1. WTS (Want To Sell)
WTS alias ingin menjual. Biasanya penjual yang mengatakan WTS. Namanya penjual kan pasti pengin menjual kan? Hehe. Semisal WTS Kucing Persia Peaknose usia 4 Bulan.


2. WTB (Want To Buy)

WTB alias pingin beli. Pengguna WTB ini memang mengharapkan tulisannya dibaca yang berniat menjual barang yang sesuai dengan keinginannya.
CONTOH : WTB Samsung Galaxy 5S Second


3. COD (Cash On Delivery)
COD artinya, transaksi jual beli bertemu dan bertatap muka di tempat yang telah disepakati. Rerata, COD dilakukan untuk menimalisir terjadinya penipuan atau barang yang tidak sesuai dengan keinginan si pembeli.
CONTOH : Lokasi COD  Kafe ABC Kemang, RM Sampun Ndalu Surabaya

4. BNIB (Brand New In Box)
BNIB itu barang anyar alias baru. Belum pernah digunakan sama sekali atau bisa jadi sudah dbuka segelnya, namun belum pernah terpakai. Biasanya digunakan penjual untuk meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang dijualnya benar-benar masih baru dan masih orisinil.
CONTOH : WTS-BNIB Laptop Acer garansi resmi Murah!!!
5. PnP (Plug and Play)
PnP ialah penjelasansoal barang yang dijual yang bisa langsung dipasang dan digunakan.
CONTOH :  Jual Lampu LED senja 12 titik. PnP untuk motor jupiter mx, vega R, Soul GT.

6. PO (Pre Order)
PO merupakan aturan penjual bagi pembeli untuk memesan dan melakukan pmbayaran DP dulu. Pembeli juga harus menunggu proses produksi hingga kuota minimal untuk produksi tercapai.
CONTOH : WTS Pre-Order Selimut Unyu Batik Baturraden. Minimal Order 15 PCS

7. KW (Kualitas) 
KW alias kualitas biasanya terbagi menjadi 3 yaitu KW Ori, KW1 dan  KW2. Semakin kecil angka yang mengikuti tulisan KW semakin mirip pula barang ataupun kualitas barang seperti barang aslinya.
CONTOH : WTS Sepatu Converse KW Ori Murah

8. ORI (Original) 
ORI merupakan singkatan dari Original yaitu barang yang dijual adalah barang asli bukan tiruan atau KW. Sesuai kualitasnya, harga produk Ori biasanya lebih mahal ketimbang yang KW
CONTOH : Dijual Sandal Beruang ORI Canada!

9. PM (Private Message)
PM atau private message digunakan untuk transaksi penjual dan pembeli lebih privat. Acara 'nyang-nyangan' biasanya lebih leluasa dengan PM karena tidak dibaca customer lainnya.
CONTOH : Saya minat sama kucingnya gan ,tolong PM-in harganya ya!

10. OEM (Original Equipment Manufacture)
OEM berarti produk yang ditawarkan penjual adalah barang original pabrik namun tidak dikemas dalam kemasan bagus. Barang-barang yang biasanya dijual dengan label OEM adalah sparepart. Barang OEM bisa didapatkan dari copotan produk asli yang sudah tidak dipakai atau pembelian dalam jumlah yang besar.
CONTOH : Dijual Bumper OEM Toyota Yaris

11. DP (Down Payment)
DP merupakan singkatan dari Down Payment atau lebih dikenal dengan uang muka. DP dibayarkan diawal-awal transaksi. Besarnya DP berkisar antara 30-50% dari harga barang.
CONTOH : DP 50% bisa ditransfer ke rekening bank BBB sebelum melakukan COD

12. TS (Thread Starter)
Thread Starter merupakan orang yang membuat thread.
CONTOH : TS tidak bertanggung jawab jika ada kerusakan barang saat pengiriman 

13. TT (Tukar Tambah)
Tukar Tambah biasa dilakukan ketika ada calon pembeli yang bersedia menukar barang yang diinginkan penjual dengan barang yang dimilikinya + uang cash.
CONTOH : Terima TT dengan Toyota Altis 2010

14. Ongkir (Ongkos Kirim)
Ongkir merupakan salah satu rules yang harus disepakati oleh penjual maupun pembeli. Biasanya besarnya ongkir tergantung jasa pengiriman yang digunakan, jarak pengiriman, dan berat paket pengiriman. Ongkir bisa ditanggung pembeli ataupun penjual tergantung kesepakatan.
CONTOH : Pengiriman via JNE ongkir ditanggung pembeli

15. Rekber (Rekening Bersama)
Rekber atau singkatan dari Rekening bersama adalah sistem pembayaran dalam jual beli barang / jasa yang menggunakan fasilitas pihak ke tiga (penyedia jasa rekber) untuk membantu keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Jasa rekber biasanya menarik sejumlah fee sebagai keuntungannya.
CONTOH : Terima Rekber Piggybank / Blackpanda / Speedymeter (Piggybank, Blackpanda, speedymeter adalah penyedia jasa rekber di kaskus).

16. CP (Contact Person)
CP biasanya berisi nomor telepon, pin BBM, akun whatsapp, YM, LINE dari si penjual yang bisa dihubungi untuk bertanya seputar barang yang dijual.
CONTOH : CP : 08451998241, BBM : 234W01T4 , LINE : MatKosim

17. Rep (Replika)
Replika adalah baraang tiruan yang menyerupai barang asli. Dari segi penampilan barang replika terlihat samar dari barang aslinya, namun kualitas barang replika tidak lebih baik dari barang aslinya.
CONTOH : Dijual Velg Rep ENKEI RPF1 Ring 15

Sekian beberapa istilah dalam online shop, sumber : http://yudha444.blogspot.com/2013/11/singkatan-singkatan-dalam-jual-beli.htm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?