Perpusda Banyumas, Tempat Hangout Asyik, Seru, Super Hemat

Perpusda Banyumas adalah tempat favorit saya dan anak-anak. Seru dan asyik sekali di sana, emak bisa bebas baca buku, sementara di anak lompat-lompat di trampolin apa prosotan sepuasnya.

Kalau lagi tanggal tua, mana bisa main ke mal, kids zone, Baturraden, apa alun-alun Purwokerto.

Hihihihi, bukannya pelit. Tapi demi menghemat anggaran rumah tangga, alhamdulillah saya menemukan lokasi menyenangkan untuk mamak dan anaknya.

Kenapa perpustakaan?

Jangan bayangkan tempat seperti perpustakaan itu membosankan dan hanya berisi buku-buku saja. Perpusda Banyumas punya ruang khusus untuk anak-anak di bawah usia enam tahun. Ruangan ini mirip playground di mal. Hehehe. Bedanya kalau di mal kan deket sama restoran, di sini deket sama buku.

Selain prosotan, ayunan, trampolin, tempat mandi bola minimalis, ada juga beberapa boneka tangan dan boneka hewan yang bisa dimainkan. Lengkap dengan Majalah Bobo dan buku cerita anak di dekat lemari boneka serta mainan kayu.



Ruangan pun sangat bersih dan ber AC, super nyaman.

Aihh, senangnya mamak. Sambil baca novel apa scroll medsos tanpa bebaaan (dengan tetap lirik-lirik ke bocah yang lagi mainan). Minimal, bisa selonjoran santai sejenak melepas penat. Kalau sudah jadi anggota, nanti sepulang dari perpus bawa oleh-oleh buku pinjaman --yang hanya bisa dibaca saat bocil tidur atau tengah malam--

Hanya saja kalau ke sana, ada aturan khusus yang berlaku:

1. Tidak boleh membawa makanan dan makan di dalam ruangan.

Jadi kalau laper biasanya kami keluar dari ruang bermain sejenak, lalu makan bekal di saung yang ada di halaman Perpusda. So, jika mau berhemat paling enak ya bawa bekal sendiri. Lalu makan deh di saung. Udah kenyang, balik lagi mainan wkwkwk.

Buat anak yang biasa makan sambil lari-lari, memang agak repot sih ya. Tapi kalau terbiasa makan sambil duduk, menghadap makanan, sambil menikmati semilir angin lumayan asyik lho.

2. Khusus untuk anak di bawah usia enam tahun

Untuk anak usia di atas enam tahun, bisa ke ruang baca yang ada di lantai dua. Ada dua unit komputer (kalau nggak salah ya) di lantai dua. Selain itu, suasananya lebih tenang, adem dan asyik juga untuk baca.


Sekian dulu, kalau ada update, saya tambahkan lagi ya. Ada jam buka operasionalnya, tapi lupa tepatnya. Hehehe.

Kalau mau ke perpusda, hayuuuk bareng. Siapa tahu makin seru kaan kalau rame-rame. Soalnya saya kalau ke sana biasanya sepi. Padahal tempatnya asyik bangeeet, dan hemat alias super irit hihi.

Selain perpus, tempat hang out lainnya yang asyik dan irit sebetulnya banyak, taman-taman misalnya. Tapi di taman panas, meski memang ada playground. Mamak pun mesti ekstra ketat jagain ga bisa selonjoran hehehe.

Plus, taman-taman di kota Purwokerto kebanyakan ada tarif masuknya, Rp 2500 buat seorang. Kalau punya anak tiga, plus bapak dan mamaknya, udah bisa buat beli beras sekilo kan ituh (wkwkwk dasar mamak-mamak).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?