Suka Duka Tandem Nursing, Gak Bisa Gerak Sampai Lupa Mau BAB



Ketika anak pertama saya, Maryam, usianya 19 bulan. Adiknya lahir. Maryam masih ASI, belum disapih. Jadilah dia menyusu bareng adiknya. Repot? Jelas, tapi saya sangat menikmatinya. Meski saya tandem nursingnya gak lama, cuma sekitar 4 bulan.

Momen lucu dan membahagiakan itu berkesan banget. Ada masa-masa ketika Maryam menyusu sambil mengelus kepala adiknya dengan perhatian. Tapi ada juga saat-saat dia jahil dan iseng mencubit pipi adiknya. Begitu adeknya umur 3 bulan, udah bisa bales. Jadilah mereka tabok-tabokan sambil nenen. Lah saya? Jelas, gak bisa gerak waktu mereka berdua nenen.

Pernah saya cerita ke temen, kalau saya menyusui kedua anak bebarengan. Temen saya ketawa ngakak. “Lah, kayak kucing dong??” Terus saya pikir, iya juga ya. Tapi bedanya, kalau kucing pas lagi nyusui anak-anaknya kepengen pipis atau pup dia langsung berdiri aja dengan santai, anaknya yang meong-meong ditinggalin. Abis kelar, nyusuin lagi. Saya gak bisa begitu.

Kucing yang lagi menyusui dengan santai. Kalau kebelet, tinggal berdiri, pup, bersih-bersih... balik nyusuin.


Ketika mereka berdua menyusu, susah mau gerak. Posisi favorit saya adalah duduk atau tiduran. Kalau duduk, tangan saya masih bisa menjangkau camilan dan minuman deket badan, atau sekadar iseng liat notif fesbuk lewat ponsel. Tapi waktu jam anak-anak tidur ya sudah. Bisanya cuma tiduran, miring menghadap bayi, sementara si Maryam nenen sambil gelantungan.


Pernah suatu ketika saya kebelet pup pas mereka lagi menyusu. Haduh mules banget. Tapi kalau ditinggal ke kamar mandi saya takut Maryam usilin adeknya, takut juga tiba-tiba si bayi nggelinding jatuh karena udah bisa tengkurap (pas usia 2 bulan). Mau bawa mereka berdua sambil BAB, gak mungkin banget. Jadilah saya menahan pup sampai ketiduran. Bangun tidur saya lupa. Tadi sih, udah pup belom yak?

Untuk para ibu diluar sana yang sedang tandem nursing, semangat! Tetaplah menyusui seperti biasa, jangan lupa istirahat dan makan yang cukup. Bonus dari tandem nursing adalah langsing. Hehehe. Serius saya gak bohong deh. Pas hamil saya 75 kilogram, sekarang anak kedua umur 9 bulan saya udah 60 kilogram. Menyusui satu anak aja membakar kalori cukup banyak, apalagi dua.


Tips sukses tandem nursing:

1.       Rileks

Ini penting banget untuk kelancaran menyusui dan produksi ASI. Karena kalau kita stress, bisa pengaruh ke kuantitas ASI. Maka sebisa mungkin rileks. Kalau jenuh dan capek karena gak bisa gerak, pandangi kedua buah hati kita yang lagi menyusu itu. Lucu dan polos banget. Bisa juga sambil nyanyi-nyanyi (kalau hobi nyanyi) waktu tandem nursing, biar makin rileks.

Ini contoh menyusui dengan rileks. Bayangin putingnya dikenyot anak lima, masih bisa bobok cantik. Pantes aja kucing menyusui gak butuh sufor, ASInya lancar jaya.


2.       Makan Secukupnya

Pastikan sebelum jam menyusui, kita udah makan dengan cukup. Hindari juga setelah makan langsung tiduran menyusui, ini bisa bikin makanan balik lagi ke tenggorokan (pernah soalnya saya). Minimal jeda 1-2 jam makan, baru tiduran. Jangan juga makan secara berlebihan hanya karena kita menyusui dua orang. Pokoknya berasa laper, makan aja. Kalau dipikir harus makan banyak, malah nanti gak enjoy dan bikin stres sendiri. Mengalir dengan santai. Laper ya makan, haus ya minum.. Gak harus makan sampai 8 kali, minumnya 20 kali. Sesuaikan dengan kebutuhan kita saja, karena tiap orang kan beda-beda kebutuhan konsumsinya

3.       Olahraga

Kelihatannya sepele ya, apalagi kita udah capek urus dua bocah, wara wiri, cuci ini cuci itu, masa masih disuruh olahraga? Huiks. Tapi ini penting juga. Gak usah repot sampai ngegym. Lari-lari kecil di sekitaran rumah pagi-pagi waktu belum pada bangun, atau peregangan sedikit aja, rutin tiap pagi, lumayan untuk menjaga kesehatan. Ada loh gerakan yoga untuk ibu-ibu sambil gendong anak. Bisa googling untuk jelasnya. Efek rajin olahraga ini, jadi gak gampang sakit atau masuk angin. Soalnya menyusui tandem itu cukup menguras tenaga, jadi kita harus jaga kesehatan.

4.       Jangan Lupa BAB

Jangan kayak saya, saking gak bisa gerak sampai lupa mau BAB. Hehehe. Kalau ada suami, atau mertua yang bisa dititipi anak sebentar, titipkan. Lalu BAB dengan tenang. Terlalu sering menahan BAB juga gak enak di badan. Kadang saya pinginnya sih sebelum menyusui udah BAB, udah BAK, tapi namanya mules BAB suka gak bisa diprediksi sih. Hehe.

Semoga kita semua sukses menyusui anak-anak, diberi kesehatan terus, dan tetap waras. Salam!


Komentar

  1. Mom klo lg tiduran gtu posisi kakak sm adek ny kyk gmn ? Msh blm bisa bayangin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?