Mau Orgasme Saat Melahirkan? Ini Tipsnya!





Orgasme dan melahirkan, adalah dua hal yang sangat berlawanan. Seperti minyak dan air. Emangnya bisa merasakan enaknya orgasme di tengah sakitnya melahirkan? Bisa. Nyatanya, saya baru saja mengalaminya kemarin.
Pada proses kelahiran anak kedua saya ini, saya banyak bereksperimen. Apa yang tidak saya lakukan di kehamilan dan persalinan pertama, saya lakukan di persalinan kedua. Nggak nyangka juga sih, bakalan bisa orgasme di pembukaan lengkap. Kok bisa ya? Nah, ini tips ala saya.

1.       Percaya

Modal utamanya itu percaya dulu. Kalau enggak percaya soal orgasme saat melahirkan, ya jangan ngarep bisa terjadi. Saya percaya, dan pernah mengucapkan juga, bakal orgasme di persalinan kedua. Lha kok beneran terjadi! Padahal nulis itu anak pertamaku masih usia lima bulan.

 Buang pikiran soal sakitnya melahirkan dan berbagai drama-drama yang bisa terjadi. Pasrahkan pada tubuh, pasrahkan pada kontraksi yang akan datang dan membantu kita kelak. Kontraksi ya emang gitu rasanya. Tinggal bagaimana kita bisa mengelola pikiran untuk tetap fokus pada pembukaan, bukan fokus pada rasa sakit. Caranya? Dengan latihan pernafasan yang dalam, visualisasi, bisa juga dengan mendengarkan musik yang bikin rileks.

Waktu ketahuan udah pembukaan pertama saya masih jalan-jalan cari makan. Entah kenapa kok laper banget. Akhirnya makan di deket tempat saya melahirkan, makan ayam goreng sambil mules-mules hahaha. Sampai ditanya sama yang jualan “Mbak, baru periksa hamil?”
“Oh enggak, mau lairan ini bu.”
“Lho, berati belum pembukaan?”
“Udah, lha ini baru bukaan satu.”
“Waduh, bukaan satu masih bisa makan sama jalan-jalan?”

Sambil jalan, tiap kontraksi datang saya selalu latihan pernafasan. Dalam hati, saya berterimakasih pada kontraksi yang sudah berkenan datang.

Bidan yang menolong saya melahirkan bilang, empat jam lagi bakal diperiksa sudah tambah apa belum pembukaannya. Saya yang tadinya rileks, tegang lagi. Duh, jujur aja paling males banget itu kalo dicek pembukaan terus tangan bu bidan masuk. Nggak nyaman banget. Mungkin karena tegang, empat jam kemudian, saya masih di bukaan dua. Inget banget, waktu itu pukul 23.30 WIB.

Suami saya, nungguin sambil tiduran di sebelah saya. Dan dia ketiduran, hahaha. Di ruang persalinan waktu itu ada tiga orang bumil yang mau melahirkan, termasuk saya. Ruangan hanya dibatasi korden. Jadi jelas saya bisa mendengar suara mereka meski nggak bisa lihat.

Sebelum saya melahirkan, seorang ibu melahirkan dan saya dengerin dia ngeden sambil nangis-nangis, nahan kontraksi sambil nangis pula. Aduh mak, jadi ga bisa rileks. Akhirnya saya pasang headset trus dengerin surat maryam, instrumental harpa, dan dengerin suami ngorok. Hehehe.

Kontraksi  pun bertambah sering dan tiap kontraksi datang, saya bilang “Ya Allah enak banget, enak banget ya Allah, enak bangeeeeeet”. Itu sambil merem dan mbayangin lagi di padang bunga yang luaaas banget. Lalu waktu kontraksi datang, bunga di padang itu ikut membuka. Saya membayangkan, rahim saya adalah bunga yang akan segera mekar. Saya rasanya seperti setengah tertidur. Sadar kalau lagi kontraksi, tapi nyaman sekali. Bahkan, saya seperti bisa mencium wangi bunga betulan.

Waktu mau orgasme itu, saya merasa seluruh tubuh saya bergetar. Saking nyamannya, saya melenguh. Kayak suara sapi itu lho. Nggghhhhh....
Sempet dimarahin sama bidan, katanya “Jangan gitu bu, tarik nafas aja bu, jangan gitu.”
Eh bodo amat, wong lagi ngrasain enak hehehe.

Tiba-tiba mata saya terbuka dan saya ingin mengejan. Saya bilang sama suami “Pak, pingin pup nih.”
Suami panggil bidan dan saya dikasih pispot. Waktu pispot mau dipasang, tubuh saya bergetar lagi, nikmat sekali. Area kewanitaan saya pun begitu. Nggak sakit, malah rasanya enak banget. Seperti berada di puncak orgasme. Lalu pyukkkk. Ada cairan keluar.
“Lah, itu air apaan ya?” tanya saya. Masak orgasme beneran ini lairan, batin saya. Tapi kalau orgasme kok airnya banyak banget gak kayak biasanya.

Dan ternyata, itu air ketuban yang pecah. Bidannya dateng, cek pembukaan ternyata sudah lengkap. Mereka langsung kocar kacir nyiapin perlengkapan, pakai sarung tangan dan lain lain.
“Buuuuk ini udah boleh ngeden belom ya??”
“Bentar bu, lagi disiapin bu bentar bu”

Bodo amat, saya ngeden aja. Setelah ketuban keluar, rasanya beneran kaya pingin buang air besar.

Saya ngeden tiga kali, dan...lahirlah anak kedua saya! Prosesnya begitu cepat. Kayaknya nggak ada 10 menit.

Bonus dari persalinan kedua ini, perineum saya utuh! Horeee. Udah orgasme, perineum utuh pula. Tetep dapet jahitan sih tapi. Ada luka sama robek dikit. Di samping. Huhuhu.
 Minusnya, bidannya pada galak-galak banget. Nyebelin, udah dibilangin aku minta IMD, malah bayinya dibersihin dulu, dipakein baju. Apa daya, resiko melahirkan gak pake survey tempat dulu.

2.       Memberdayakan Diri Saat Hamil

Berdaya, maksudnya banyak melakukan aktivitas yang menyehatkan saat hamil. Enggak hanya jalan-jalan, tapi juga olahraga macam senam hamil, prenatal yoga, juga mengisi waktu dengan hobi yang bermanfaat. Ini berguna banget buat saya. Nyatanya, sewaktu melahirkan kemarin stamina saya oke banget. Nggak ada acara kehabisan tenaga. Setelah melahirkan saya juga lebih waras. Nggak gampang sakit, jiwa sehat, pemulihannya pun lebih cepat. 

Pengennya sih waktu itu ikut kelas prenatal yoga. Tapi apa daya waktu dan biaya tidak mendukung hehehe. Akhirnya saya telatenin aja senam hamil tiap pagi, latihan posisi persalinan, sampai latihan pernafasan tiap mules kebelet pup. Alhamdulillah sempet ikut kelas ibu hamil juga dari puskesmas, jadi tau banyak gerakan senam hamil. Tapi googling pun banyak lho artikel senam hamil. Di youtube juga ada!

Kalau udah percaya tentang orgasme saat melahirkan, ya waktu hamil harus seneng-seneng, gembira dan banyak olahraga. Eh siapa tahu, orgasme beneran kayak saya lho.
Lebih bagus lagi, kalau prenatal yoga bareng sama suami, atau pendamping persalinan kelak. Oh iyaa, jangan lupa. Pastikan tempat persalinannya bikin nyaman, syukur sudah kenal secara personal sama penolong persalinan. Jadi lahiran pun nyaman. Jangan kayak saya, langsung bladas bludus koboy lairan dimana aja oke. Wkwkwk. Bahkan waktu itu saya sempat mikir, kalaupun brojol di rumah pun gak masalah deh. Rumah sakit deket ini. (Contoh yang buruk. Jangan ditiru kalau yang ini).

3.       Rileks

Rileks ini hal yang mudah diucapkan dan kadang susah banget dipraktekin. Hahaha. Saya pas hari perkiraan lahir sebenarnya udah kerasa mules kontraksi, tapi karena suami dikit-dikit nanya “Ke rumah sakit sekarang?”
Jadi gak bisa rileks.
Jadilah kontraksinya datang dan pergi. Akhirnya biar bisa rileks, saya pun melakukan beberapa kegiatan yang saya anggap menyenangkan. Main gitar (ini videonya wkwkwk), dengerin musik sambil joget, berendam air hangat, oles-oles perut pakai baby oil, dan tentu saja bermesraan dengan suami. Huahaha.

Saya memasrahkan diri pada tubuh saya. Saya pasrah pada sang Pencipta, dan mencoba se rileks mungkin. Saya bilang ke bayi saya, “Aku mencintaimu nak. Kapanpun kamu mau keluar, ibu sudah siap menyambutmu nak. Kami semua siap.”
Sambil berendam air hangat di ember saya merasa kontraksi makin intens (Iya di ember, gak punya bath up sih hahaha). Sampai malam, saya masih menyusui anak pertama saya, sambil mules-mules. Begitu anak pertama saya tertidur pulas, saya tenang. Baru deh berangkat ke rumah sakit. Ternyata udah bukaan satu. Hehehe.

Kalau mendengarkan musik atau lantunan ayat-ayat suci bikin rileks, maka siapkan aja headset dan ponsel dalam kondisi full baterai. Saya kemarin gitu. Dari kontraksi sampai ngeden-ngeden headset masih nempel di kuping! Hahaha.

Klub ibu hamil di kantor. Hihihi.


4.        Visualisasi dan Sugesti

Sebelum melahirkan bisa kok latihan visualisasi alias membayangkan sesuatu yang bikin nyaman, tapi tubuh dalam kondisi yang sangat rileks. Saya biasanya sebelum tidur setengah ngantuk itu bayangin lagi lairan di padang bunga, deket sungai yang airnya hangat.. bunganya wangiiii bikin makin rileks. Ditemenin anak pertama dan suami saya, sambil bercanda. Lalu saya lairan mbrojol tanpa ngeden. Hahaha.

Saya juga selalu memberikan sugesti : sehat, gangsar, waras, slamet (sehat, lancar, waras, selamat) sembari bisik-bisik. Setiap saat berulang ulang. Dalam kondisi sadar (naik motor, makan, ngetik di kantor) maupun kondisi setengah sadar (ngantuk mau tidur).

Dua hal itu, saya lakukan saat hamil. Berulang –ulang. Waktu kontraksi saya juga bervisualisasi sambil setengah sadar. Kaya tidur, tapi nggak tidur. Kerasa mules, tapi ngantuk. Ketularan ngantuk suami mungkin. Tapi saya nggak ngorok sih kayaknya. Hehehe.


5.       Coba Rebozo

Rebozo ini teknik untuk mengurangi rasa sakit waktu kontraksi, dan bikin nyaman. Saya udah coba dan lumayan membantu lho. Saya tahu teknik ini waktu liputan kelas kehamilan gentle birth. Jadi waktu sebelum lairan, saya ngajarin suami biar bisa rebozo. Pas udah di ruang persalinan saya cuek aja nungging sambil rebozo. Suami saya bangunin terus saya suruh usrek usrek pake jarit hehehe.
Nah, untuk lebih jelas detailnya teknik rebozo, silakan googling. Ada videonya kok di youtube.

6.       Pasrah dan Berserah

Kalau memang nggak bisa orgasme waktu lairan, yo sudah.. Pasrah saja. Orgasme itu kan hanya bonus. Yang paling utama bayi dan ibunya sehat semua. Saya pun berpikir begitu. Waktu usia kehamilan tujuh bulan menuju delapan bulan, bayi saya sungsang. Presentasi pantat, huhuhu. Padahal temen-temen lain yang hamilnya bareng kepalanya udah di bawah semua. Akhirnya saya pasrah saja.

Waktu itu saya pun pernah kepikir, kalaupun harus caesar ya saya pun sudah pasrah. Saya bawa santai, nggak mikir macem-macem. Pokoknya yang penting bayi selamat ibu sehat.  Pas sembilan bulan dicek, kepala bayi saya udah di bawah!

Dan inti dari semua tips saya adalah, mari bergembira dan rileks saat hamil. Mari melahirkan dengan cinta :)

















Komentar

  1. love the last quote..: mari melahirkan dengan cinta :)

    BalasHapus
  2. makasih mbak tulisannya bermanfaat.. jadi pengen hamil hehe

    BalasHapus
  3. alhamdulillah, semoga lancar sehat selamat yaa mba ^^

    BalasHapus
  4. Makin penasaran gmn rasanya hamil & melahirkan..hiks..hiks..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?