Gaya Bapak Saat Mengasuh Anak


Maryam dan bapaknya waktu masih umur sebulan, habis berjemur. Di sebelah kanan itu Jojo sama Bapaknya. Kalau Bapaknya Jojo hobinya ngajakin Jojo ke Pasar Wage pagi-pagi beli buah, sayur, dan tetelan daging sapi.

 
Pernah lihat meme dan foto bapak-bapak mengasuh bayi di media sosial? Rata-rata foto-foto itu memperlihatkan betapa ekstrimnya bapak-bapak kalau ditinggal sama bayi berduaan. Misalnya aja, ada yang bayinya ditengkurepin terus pantatnya dijadiin alas mouse, ada juga yang nempelin bayi ke dinding pake selotip gede, pun ada pula yang masukin bayi ke laci meja komputer sementara dia asyik ngegame. Yang style jahil juga ada, anaknya di tempelin selotip item dialisnya. Ada juga bapak-bapak yang pasrah kukunya dikuteks terus digambarin lucu-lucu sama anak perempuannya.


Ya, itu sekelumit dari sedikit contoh tingkah bapak-bapak kalau sama bayi berduaan. Kalau saya, hampir mirip-mirip juga sih. Bapaknya Maryam juga bisa dibilang agak ekstrim. Berhubung si Bapak ini dulunya suka ngeband, paling sering ya anaknya digitarin pakai gitar elektrik dan distorsi (itu lho yang suaranya junggg Jung cereeet junjung cerewet), atau disetelin musik metal, heheu. Misalnya saja, waktu Maryam usia lima bulanan pernah dinyanyiin Semut-Semut Kecil, tapi pakai distorsi dan lagunya berubah jadi ngerock gitu. Atau, disetelin Iron Maiden dan Pantera. Hellooooow, paaaak, bayi disetelin musik begituan? Pernah mau marah, tapi lihat ekspresi Maryam enjoy, malah angguk-angguk jadi geli. Luntur marahnya.

Begini waktu usia empat-lima bulanan. Digitarin, dinyanyiin, pakai distorsi alamaaak. Dan Maryam? Sangat enjoy. Tuh, saya pulang kerja aja dicuekin, padahal biasanya ada bau ibu langsung nempel.

Dampaknya, sekarang dia bisa minta bapaknya suruh main gitar. Tapi maunya yang elektrik, pakai distorsi, lalu dia yang muter-muter tombol volume, middle, treble, bass, di amplinya itu. Lagu yang direquest paling sering adalah Ibu Ayam Dikejar Musang (yang ada di film Upin & Ipin).


Pernah juga waktu usia tujuh bulan, Maryam dibikinin spaghetti bolognaise sama bapaknya dan dia makan dengan lahap. Padahaaaaal, saya kan waktu itu berusaha ngikutin panduan MP ASI empat bintang plus program no gula garam di bawah satu tahun. Huiks, gagal sudah program itu. Alhamdulillah so far sampai sekarang udah 18 bulan dia nggak pernah picky eater atau milih-milih makanan. Apa aja dimakan, sampai sendal jepit aja pernah mau dimakan.Wkwkwk.

Ini bisa dicoba dikala balita kena GTM. Ampuh ternyata buat Maryam. Sebaiknya jangan pakai balon bekas sih, mending topeng satria baja hitam apa power ranger gitu. Lebih lega nafasnya, gak pengap di dalem.


Beberapa bulan yang lalu, Maryam sempat mogok emoh makan kalau nggak sambil nonton Upin Ipin. Pokoknya itu tivi harus dinyalain buat nonton Upin Ipin! Haduh, udah mulai kecanduan tivi hiks. Lalu akhirnya, Bapaknya punya ide. Dipakailah balon plastik berbentuk upin yang udah kempes, dijadiin topeng. Maryam ketawa. Seneng banget dia, mulutnya mau mangap tanpa ngeliatin tivi. Mungkin cara ini bisa dicoba buat para balita yang lagi kena GTM, hehehe.


Begitu memang, Bapak-bapak punya style sendiri dalam mengasuh anak. Kadang ibu-ibu suka ngeri, gemes, takut, sebel, sekaligus lucu liatnya. Tapi upaya mereka patut diapresiasi. Se-nyebelin apapun, mendinglah ada yang jagain waktu ditinggal di dapur bentar, dan kitapun bisa mandi dengan tenang... hehehe.

Karena saya pernah baca di sebuah artikel, betapa besarnya manfaat yang didapatkan ketika Bapak terlibat dalam proses mengasuh. Anak-anak akan tumbuh lebih percaya diri, terbuka dan dekat dengan orangtua, dan tentunya mereka memahami peran kedua orangtuanya sejak kecil. Kalau saya, asal anaknya enjoy, biar saja Bapak mengasuh anak dengan gayanya sendiri :)))))



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita-ceritanya Bumil (Lagi)

Ini Tantangan Mamah Muda Setelah Melahirkan

Orgasme Saat Melahirkan, Emang Bisa?